Berikut masalah klasih yang sering terjadi dalam pengiriman :
1. Mengapa saat tracking di web JNE/Tiki, no kiriman saya tidak ada / Data Not Found ?
Pihak Tiki/JNE memerlukan waktu
untuk mengentry data kiriman Anda biasanya setelah 12-24 jam akan muncul di web
JNE/Tiki. Jika setelah 24 jam dari Anda menerima no kiriman Anda, hubungi toko
online untuk melaporkan ke Tiki/JNE. Terkadang data kiriman Anda tidak terinput
oleh pihak Tiki/JNE. Tapi paket Anda tetap terkirim
2. Status
kiriman 'Criss Cross' apa artinya ?
Nama & Alamat pada no kiriman
tidak sesuai dengan Nama & Alamat pada paket, biasanya tertukar dengan
paket lain. Hal ini terjadi Karena kesalahan/kelalaian pihak Tiki/JNE,
menyebabkan paket mengalami keterlambatan biasanya 2-4 hari kerja.
3. Status kiriman 'Mis Route' apa artinya ?
Paket Anda terkirim ke kota yang
salah, misalnya tujuannya kota Padang tapi terkirim ke kota Medan. Hal ini terjadi
Karena kesalahan/kelalaian pihak Tiki/JNE, menyebabkan paket mengalami
keterlambatan 2-5 hari kerja tergantung rutenya.
4. Saya
mengecek tracking, paket saya sudah tiba di kota saya, tapi sudah lebih dari 2
hari tidak sampai ?
Silahkan cek langsung ke Tiki/JNE
di kota Anda sebutkan no kiriman Anda, untuk mengetahui status detil dari
kiriman Anda. Ada kemungkinan alamat Anda belum tidak ditemukan / masalah
teknis lainnya di lapangan.
5. Status
kiriman saya paket sudah diterima, tapi saya tidak menerima paket tersebut ?
Pastikan Anda mengcek dahulu kepada
orang yang ada di alamat anda, apakah ada paket untuk anda. Jika tidak ada,
langsung hubungi Tiki/JNE di kota Anda laporkan masalah Anda. Pihak Tiki/JNE
akan mengcek ke kurir yang mengantar paket Anda, apakah diantar ke alamat yang
benar / tidak.
6. Paket saya dinyatakan hilang oleh Tiki/JNE, apa diganti ?
Hal ini adalah 100% kesalahan pihak Tiki/JNE, pihak Tiki/JNE hanya mengganti
5x s/d 10x dari ongkos kirim Anda. Asuransikan paket Anda jika berbelanja dalam
jumlah besar, karena toko onilne tidak mungkin mengganti paket anda yang
hilang.
7. Paket saya belum tiba, lebih dari 1 minggu / lebih lama dari biasanya ?
Silahkan cek status melalui tracking
via web / telp Tiki/JNE
8. Status kiriman 'Redelivery / reschedule', apa artinya ?
Kemungkinan alamat Anda belum
ditemukan atau sudah diantar tapi tidak ada orang di alamat yang dituju
Telp Tiki/JNE di kota Anda untuk
status detilnya
9. Saya membayar kiriman via JNE Yes / Tiki ONS (kilat) tapi mengapa status tracking berubah menjadi layanan regular ?
Biasanya hal ini terjadi, bila
alamat Anda tidak termasuk dalam wilayah antaran Tiki ONS / JNE Yes, jadi
otomatis dirubah menjadi Tiki/JNE Regular oleh pihak Tiki/JNE. Pastikan alamat
Anda masih berada di kota besarnya (bukan di luar atau pinggiran kota), sebelum
menggunakan jasa JNE YES / Tiki ONS.
10. Saya telp CS Tiki/JNE, tapi selalu mendapat nada sibuk / tidak diangkat ?
Harap bersabar, memang benar sangat
sulit untuk telp CS tiki/JNE pada jam kerja. Cobalah beberapa menit / jam
kemudian
11. Status kiriman 'Kemalaman tidak diantar kurir' dan sudah 1 minggu tidak sampai, apa artinya ?
Segera hubungi JNE atau toko online
untuk meminta bantuan untuk ditracking paket Anda. Ada kemungkinan paket Anda
dinyatakan HILANG oleh JNE. Asuransikanpaket
Anda jika berbelanja dalam jumlah besar, karena toko onilne tidak mungkin mengganti
paket anda yang hilang.
12. Status kiriman 'Nama Tidak Dikenal / Unknown consignee', apa artinya ?
Artinya paket sudah tiba di alamat
tujuan, tapi nama penerima tidak dikenal oleh orang di alamat tujuan. Biasanya
hal ini terjadi, karena nama penerima lebih dikenal dengan julukan / nama lain
di alamat tujuan. Pastikan Anda menitip pesan untuk orang yang berada di alamat
tujuan, agar menerima paket atas nama Anda. Atau tuliskan nama Anda dan
julukan/nama yang dikenal di alamat tujuan contoh: Nama Anda Asli (Nama
Julukan), Mr XX ( Mr YY) Untuk Anda yang memakai alamat kantor / pabrik /
instansi lainnya, lengkapi dengan bagian / divisi / jabatan Anda, Contoh:
Bagian keuangan, Divisi III, Bagian IT dan lainnya.
13. Status kiriman 'Alamat tidak ditemukan / Bad Address', apa artinya ?
Alamat Anda tidak ditemukan oleh
kurir JNE, kemungkinan alamat Anda tidak lengkap, misalnya nomor rumah / RT /
RW / Keluruhan / Kecamatan. Pastikan Anda memberikan alamat dengan lengkap,
jika perlu berikan patokan-patokan khusus agar lebih mudah ditemukan, contoh:
Sebelah sekolah YY, Ruko warna XX, Rumah Bapak YY, Belakang pabrik XX, Masuk dari
jalan ZZ dan lainnya
Demikian Tips mengenai kiriman, besar harapan kami pelanggan mendapat informasi yang berimbang, tetap tenang dan tidak emosi jika mengalami masalah dalam pengiriman.
Sumber dari
http://asyikbelanja.com/tips.kiriman.html *
0 komentar:
Post a Comment